Laporan Keuangan

Akhir Tahun, Penting Pahami Laporan Keuangan, Fungsi dan Isinya.

Menjalang akhir tahun tentu setiap usaha akan tutup buku dan melaporkan kinerja dan keuanganya. Oleh karena kesadaran tentang laporan keuangan dan fungsi laporan keuangan masih kecil di masyarakat. Padahal itu sangat penting untuk meningkatkan usahanya. Maka biizaa Bisnis akan menyampaikan tentang laporan keuangan, fungsi dan isi laporannya kepada masyarakat.

Fungsi Laporan Keuangan untuk usaha mikro, kecil dan menengah serta Badan Usaha Milik Desa adalah sebagai berikut:

Yang pertama adalah fungsi bagi Pemberi Pinjaman atau Kreditur, Pemberi pinjaman (kreditur). Pemberi pinjaman berkepentingan atas informasi keuangan yang memungkinkan mereka untuk memutuskan memberi pinjaman atau pembiayaan kepada UMK, tingkat bunga atau imbal hasil, dan kemampuan UMK untuk menyelesaikan kewajibannya pada saat jatuh tempo.



Yang kedua adalah fungsi bagi pemilik usaha, bagi pemilik usaha informasi keuangan dalam bentuk laporan keuangan bisa digunakan untuk menganalisa usahanya, perubahan modal atau kekayaannya, posisi keuangan atau neracanya dan juga tentang rugi laba. Sehingga informasi tersebut bisa digunakan untuk mengambil keputusan di tahun berikutnya.

Yang ketiga adalah fungsi bagi pemilik dana, pemilik dana bisa berbeda dengan pemilik usaha, kalau pemilik usaha itu yang mempunyai usaha dan menjalankannya, maka pemilik dana adalah investor atau yang memiliki dana untuk di investasikan kepada pemilik usaha. Dalam hal ini penting bagi pemilik dana untuk mengetahui laporan keuangan, sehingga bisa digunakan apakah dana ditarik atau dana tetap di investasikan atau ditambahi investasi.

Apa isi laporan keungan untuk usaha mikro, kecil, menengah dan Badan Usaha Milik Desa?.

Laporan keuangan untuk usaha mikro, kecil, menengah dan Badan Usaha Milik Desa, setidaknya memuat sebagai berikut:

Yang pertama adalah melaporkan sumber dan penggunaan dana, darimana sumber dana usaha itu diperoleh, apakah dari pribadi, dari hutang, dari investor atau penyertaan modal dari desa jika Badan Usaha Milik Modal. Sedangkan penggunaan dana adalah bagaimana dana itu dibelanjakan atau diolah menjadi manfaat / laba, baik digunakan untuk pembelian aset, investasi, biaya, beban atau modal kerja sehingga jelasa bagaimana sumber dana tersebut digunakan dalam penggunaaanya.



Yang ke dua adalah perubahan modal atau kekayaan, dari sumberdana dan penggunaan dana tersebut apakan akan mempengaruhi terhadap naik turunya modal atau kekayaan suatu usaha mikro, kecil, menengah dan Badan Usaha Miik Desa.

Yang ke tiga adalah Laporan Laba Rugi, laporan laba rugi ini mencerminkan tentang apakah usaha mengalami laba selama satu tahun buku atau mengalami kerugian. Jika mengalami kerugian maka akan diketahui dalam laporan tersebut, kerugiannya karena apa.

Di atas merupakan mengapa dan bagaimana isi dari laporan keuangan untuk usaha mikro, kecil, menengah dan Badan Usaha Milik Desa, semoga bermanfaat dan apabila bermanfaat bagi orang lain mohon untuk disebar luaskan. @supriadiasia.


Silahkan ajukan pertanyaan, di komentar di bawah ini..

Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

BIIZAA ASIA
%d blogger menyukai ini: