7 Jenis Pemborosan Dalam Perusahaan Yang Perlu Diketahui.

Hal yang perlu diperhatikan dalam mengefisiensi biaya, meningkatkan pendapatan adalah menekan pemborosan sebagaimana konsep lean management atau lean manufacturing. Untuk itu butuh diketahui 7 jenis pemborosan dalam perusahaan.




1 Overproduction

Overproduction atau memproduksi dengan kapasitas atau jumlah lebih atau memproduksi lebih awal merupakan pemborosan, karena memproduksi lebih akan membutuhkan biaya untuk mengelola produk tersebut, selanjutnya adalah memproduksi lebih awal atau sebelum konsumen membutuhkan, juga membutuhkan biaya baik investasi yang tidak berputar maupun biaya untuk merawat persediaan barang tersebut.

2 Delay atau Waiting Time

Delay Waiting Time adalah waktu tunggu akan mengakibatkan pemborosan, karena tenaga kerja dan peralatan lain tidak efektif bekerja, sebagai contoh apabila bahan baku terlambat, maka yang terjadi tenaga kerja akan menganggur dan tetap harus dibayar, dan peralatan juga tidak bekerja dan butuh perawatan atau biaya penyusutan, maka delay atau waktu tunggu merupakan pemborosan dalam perusahaa.




3 Transportation

Transportasi mengatkibatkan pemborosan, hal ini terjadi apabila dari proses produksi tidak terencana dengan baik, untuk mengangkut dari tempat bahan baku ke tempat produksi jauh, sehingga membutuhkan biaya transportasi yang tinggi. Ini merupakan pemborosan dalam perusahaa.

4 Proccess

Proccess produksi apabila tidak di desain dengan baik, akan mengakibatkan pemborosan, karena bisa terjadi hal hal yang tidak bermanfaat tetapi tetap dilakukan dalam perusahaan. Sebagai contoh adanya kegiatan kegiatan dalam produksi yang tidak mendukung produktivitas tetapi justru merugikan.

5 Inventories

Inventories atau persediaan yang berlebihan tentu merupakan pemborosan, karena persediaan lebih akan mengakibatkan ekstra pekerjaan dan biaya.




6 Motion

Motion adalah pergerakan baik sumberdaya manusia atau mesin yang berjalan tidak untuk tujuan konsumen, tetapi di luar untuk pelayanan konsumen, seperti terlalu banyak ngobrol, listrik atau mesin elektronik tetap menyala dan hal itu tidak dibutuhka.

7 Defect

Defect adalah suatu kondisi yang menjadikan pemborosan, seperti adanya reture produk, pengerjaan ulang, ketidak puasan konsumen dan lain lain.

Ke 7 Hal di atas dapat dilihat dalam laporan keuangan, terutama pada biaya, sehingga biaya dalam laporan keuangan khususnya laba rugi dilihat dan dianalisa apa saja yang menjadikan pemborosan dalam perusahaan. Dengan begitu maka perusahaan dapat menekan atau efisiensi biaya biaya yang menjadikan pemborosan dalam perusahaan.




Biizaa membantu perusahaan perusahaan untuk menganalisa dan merekomendasikan untuk mengatasi pemborosan perusahaan, silahkan menghubungi customer service kami di :

Profile Image
Image Icon
Biizaa Service Perlu bantuan ?
Hubungi Kami !
Istirahat


Bagikan manfaatnya..

Updated: 18/10/2021 — 13:29
BIIZAA ASIA © 2021 Biizaa Asia

Education Template