Ekonomi

7 Ancaman Penyebab Resesi Ekonomi Pasca Corona

Corona Virus atau Covid 19 telah membawa dampak di berbagai lini kehidupan baik individu maupun negara. Denga adanya pembatasan social ( distancing social ) bahkan lockdown, tentu berimbas ke berbagai lini kehidupan diantaranya adalah bisnis, ekonomi dan keuangan baik individu, perusahaan maupun sebuah negara. Bisa jadi pasca corona akan terjadi resesi ekonomi yang mengakibatkan melemahnya pertumbuhan ekonomi yang berdampak bagi seluruh kehidupan bernegara. Untuk itu perlunya kita menganalisa hal hal yang menyebabkan perekonomian melemah pasca corona. Dengan begitu maka kita akan dapat menyelsaikan masalah masalah tersebut dengan cepat, apabila kita mengetahui hal hal sebagai penyebab.

Untuk itu biizaa telah menganalisa hal hal yang menjadi ancaman penyebab resesi perekonomian pasca corona sebagai berikut:


Yang pertama adalah rantai pasok atau supply chain yang terputus baik domestik maupun global, sehingga produk atau barang barang produksi tidak bisa didistribusikan kepada konsumen. Tentu ini akan sangat menghambat pertumbuhan ekonomi, karena produk yang telah diproduksi telah dihentikan karena terputusnya rantai pasok produk

Yang kedua adalah industri yang melambah, dengan terputusanya rantai pasok juga karena berkurangnya transaksi produk, maka sektor industri pun melemah. Dan tentunya akan berimbas kepada karyawan dan perekonomian di wilayah perindustrian.

Yang ketiga adalah melemahnya pariwisata yang berimbas kepada sektor jasa pariwisata dan yang berkaitan dengan pariwisata, seperti travel, hotel dan kuliner. Hal ini karena pembatasan orang masuk dari daerah lain ke daerah tertentu karena telah menerapkan distancing social maupun lockdown.

Yang ke empat adalah banyaknya orang melepas saham dan mengalihkan kepada yang lebih aman, seperti emas, tanah dan instrumen lainnya yang dianggap lebih aman. Tentu ini akan berdampak terhadaap perusahaan perusahaan yang telah go public karena keterbatasan dana atau modalnya.

Yang ke lima adalah untuk suatu negara bisa mengalami defisit anggaran, dikarenakan kebutuhan belanja tetap, karena lebih banyak belanja di sumberdaya manusia, sedang sumber pendapatan melambat karena sektorn industri atau penghasil pajak melemah. Hal ini akan berdampak terhadap defisit anggaran baik APBN maupun APBD.

Yang ke enam adalah daya beli yang melemah, dengan melemahnya sektor industri riel maupun financial, maka tentu berdampak pada melemahnya daya beli masyarakat, sehingga hal ini sangat mempengaruhi perekonomian suatu negara.



Yang ke tujuan adalah membengkaknya beban hutang, apabila tidak ada toleransi atau tindakan khusus dari kreditur tentang hutang, maka hutang akan membengkak, selain dipengaruhi oleh melemahnya mata uang juga melemahnya sumber pendapatan yang berdampak melemahnya kemampua suatu negara untuk membayar hutang.

Hal hal tersebut di atas merupakan ancaman yang menjadikan penyebab suatu negara mengalami resesi pasca corona, walau masih banyak instrument pendapatan yang tidak terpengaruh, tetapi hal hal tersebut di atas akan sangat mempengaruhi ekonomi yang perlu diperhatikan baik individu, perusahaan maupun suatu negara. ( supriadi asia ).

Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

BIIZAA ASIA
%d blogger menyukai ini: