7 Alasan Pentingnya SOP atau Standart Operational Procedure Administrasi Pemerintah.

Dalam ilmu administrasi ada pepatah ” Melakukan Apa Yang Ditulis dan Menulis Apa Yang Dilakukan ” yang artinya kita telah membuat rencana yang tertulis agar mudah diingat dan dipertanggungjawabkan dan selalu membuat laporan atas apa yang telah kita lakukan sehingga mudah diukur dan diselesaikan masalahnya serta ditingkatkan kinerjanya. Begitu juga dalam administrasi pemerintahan, bahwa administrasi merupakan salah satu jenis pengendalian internal pemerintahan. Oleh sebab itu maka Pemerintah menetapkan SOP atau Standart Operational Procedure Administrasi Pemerintahan

Dimana Standart Operational Procedure Administrasi Pemerintah diatur?..

  1. Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 35 Tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintah.
  2. PERMENDAGRI Nomor 52 Tahun 2011 tentang Standar Operasional Prosedur di Lingkungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota.




Dua peraturan tersebut mengatur tentang Standart Operational Procedure Pemerintahan terutama pemerintah daerah baik propinsi maupun Kabupaten / Kota.

Apa manfaat dari Standart Operational Procedure Administrasi Pemerintah ?

  1. Dengan Standart Operational Procedure Administrasi Pemerintahan ada kesamaan output yang dihasilkan dalam penyelenggaraan pemerintahan.
  2. Dengan Standart Operational Procedure Administrasi Pemerintahan ada konsistensi dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan.
  3. Dengan Standart Operasional Procedure Administrai Pemerintahan Memberikan instruksi detal tentang tugas pada semua pihak dalam pemerintahan.
  4. Dengan Standart Operational Procedure Administrasi Pemerintahan meperjelas, waktu, input, proses, output, outcome dan impact pada masyarakat dari suatu penyelenggaraan pemerintahan.
  5. Dengan Standart Operational Procedure Administrasi Pemerintahan suatu organisasi pemerintahan bisa dikendalian ( pengendalian internal )
  6. Dengan Standart Operational Procedure Adminstrasi Pemerintahan akan mampu mengurangi kesalahan dalam proses penyelenggaraan pemerintahan.
  7. Dengan Standart Operational Procedure Administrasi Pemerintahan akan mampu memberikan kejelasan dalam pelayanan publik ( masyarakat ), sehingga masyarakat akan mudah mendapatkan pelayanan dan prosedurnya.

7 Hal pentingnya SOP atau Standart Operational Procedure Administrasi Pemerintahan wajib dijalankan oleh pemerintah daerah baik propinsi maupun Kabupaten/Kota guna meningkatkan pelayanan publik dan pengendalian organisasi demi tercapainya visi dan misi pembangunan.




Tanpa adanya Standart Operational Procedure Pemerintahan, maka aka sulit mengedalikan, mengukur dan mengevaluasi suatu proses penyelenggaraan pemerintaha. Bahkan dengan Standart Operational Procedur Administrasi Pemerintahan akan membantuk budaya organisasi pemerintahan. Mengenai kinerja, disiplin, dan hasil yang di [email protected]

Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

BIIZAA ASIA
%d blogger menyukai ini: