AYO SEKOLAH ONLINE DI >>
5 area memulihkan kepercayaan publik

5 Area untuk memulihkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintahan

5 Area untuk memulihkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintahan sangat penting untuk dipahami oleh penyelenggara pemerintahan, maupun oleh masyarakat untuk membangun kepercayaan bersama sama untuk mencapai tujuan bersama. Karena tanpa kerpcayaan program, layanan dan rencana tidak akan tercapai, karena yang terjadi adalah isu yang tidak pernah selesai bahkan menjadi konflik dalam masyarakat.




Kepercayaan masyarakt bisa turun karena beberapa hal, diantaranya adalah adanya krisis ekonomi, dampak pandemi dan juga terjadinya tindak pidana korupsi yang merusak kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggara pemerintahan.

Untuk itu biizaa public management consultant telah melakukan riset terhadap variable atau area yang perlu diperhatikan dalam memulihkan kepercayaan masyarakat, dan 5 area tersebut akan kami jelaskan sebagai berikut :

1. Kepemimpinan.
2. Kemanusiaan.
3. Transparansi.
4. Kapabiltas.
5. Reliabilitas.

Sebelum membahas 5 area tersebut, kira perlu kita sampaikan pemahaman tentang kepercayaan publik atau kepercayaan masyarakat.




Setiap hubungan tergantung dari kepercayaannya, baik hubungan individu, hubungan keluarga, hubungan perburuhan dan hubungan antara masyarakat dengan pemerintahan. Kepercayaan masyarakat terhadap pemerintahan adalah keyakinan bahwa pemerintah mengutamakan kepentingan masyaakat, tidak menyalahgunakan kepercayaan dan akan melindungi kepentingan masyarakat. Kepercayaan masyarakat dapat disimpulkan sebagai kepercayaan warga negara dalam tindaka pemerintah untuk melakukan apa yang benar dan dianggap adil.

Kepercayaan dapat dibangun dan dipertahankan dengan menunjukan dua hal yang mendasar yaitu, dengan memenuhi janji, terus menerus dengan kompetensi dan niat baik pemerintah. Kompetensi mengacu pada kemampuan untuk melaksanankan, menindaklanjuti apa yang telah dijanjikan dalam kontrak sosial yaitu peraturan perundang undangan. Niat baik adalah niat dari pemimpin atau pemangku kebijakan untuk mencapai tujuan bersama yang tertuang dalam perencanaan pembangunan.

Dan dua hal yang mendasar yaitu kompetensi dan niat baik itu diwujudkan dalam 5 hal, yaitu kepemimpinan, kemanusiaan, transparansi, kapabilitas dan reliabilitas yang akan kami jabarkan dalam 5 area memulihkan kepercayaan pemerintahan.




5 Area Pemulihan Kepercayaan.

Kepemimpinan ( Leadership ).

Kepemimpinan memiliki peran penting terutama di negara seperti Indonesia, karena kepemimpinan adalah figur yang menjadi panutan dan sangat mempengaruhi kepercayaan publik.

Kepemimpinan dapat dipercaya apabila memiliki perilaku pemimpin yang bisa dipercaya dalam kejujuran dan membawa pemerintah mencapai tujuannya. Yang kedua adalah memiliki pengetahuan yang cukup sebagai bahan pertimbangan mengambil keputusan yang berkualitas untuk masyarakatnya. Yang ketiga adalah ketrampilan untuk menyelesaikan tugas tugas dalam pencapaian pembangunan dan yang terakhir adalah alat atau teknologi untuk mempercepat pencapaian dan berdaya saing.

Nilai kepemimpinan di atas yang membawa masyarakat akan mempercayai lagi pemerintahan.

Kemanusiaan.

Bahwa untuk membangun kepercayaan pemerintah harus mementingkan nilai kemanusiaan, bukan lagi nilai kelompok atau golongan, tetapi nilai nilai kemanusiaan dalam bentuk empaty terhadap isu dan problem terhadap masyarakat, baik hati dan peduli serta terbuka dengan masyarakat.




Transparansi.

Transparansi adalah keterbukaan dan berbagi informasi, niat pemerintah, dan yang terkait dengan kebijakan, anggaran, program dan pengambilan keputusan yang berdampak pada masyarakat.

Kapabilitas.

Kapabilitas adalah kemampuan pemerintahan untuk mencapai tujuan atau mewujudkan apa yang diharapkan oleh masyarakat.

Reliabilitas.

Reliabilitas adalah wujud dari pemerintah untuk terus menerus atau konsisten dan menyajikan kebijakan serta program, layanan dan pengalaman yang memberikan manfaat atau nilai pada masyarakat.




Ke lima hal tersebut di atas merupakan  variable atau area yang butuh diperhatikan oleh penyelenggara pemerintahan untuk memulihkan, membangun dan mempertahankan kepercayaan masyarakat guna menekan isu ( pro dan kontra ) serta mencapai tujuan bersama dalam keberagaman dan kebersamaan ( diversity dan inclusion ). ( Supriadi Asia | Director Of Biizaa Public Management Consultant ).

Apakah tulisan ini bermanfaat?...

Klik bintang untuk menilai

Rata Rata Penilaian 4.5 / 5. Jumlah Vote: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.


Bagikan manfaatnya..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

BIIZAA ASIA
Ada yang bisa kami bantu? .
Image Icon
Profile Image
Biizaa Service Perlu bantuan ? Istirahat
Biizaa Service