Bisnis

40 Contoh Laporan Keuangan BUMDes Peternakan dan Perdagangan | Download.

Dalam menjalankan usahanya BUMDes memiliki 6 jenis usaha yang diperbolehkan, dan dalam akuntansinya ada 3 jenis usaha, yaitu Jasa, Dagang dan Manufaktur atau Pabrikasi. Dan ke tiga jenis usaha tersebut memiliki ciri kas tersendiri terutama dalam akun / perkiraanya yang akan di desain dalam COA ( Chats Of Account ) nya. Dan Charts Of Account itu nanti yang akan memberikan informasi keuangan atau posisi keuangan suatu BUMDes dalam laporan keuangan BUMDes.




Ciri dari akuntansi bumdes dagang adalah memiliki akun persediaan dan harga pokok penjualan ( HPP ) dan ciri dari bumdes manufaktur atau pabrikasi itu memiliki akun / perkiraan bahan mentah, bahan setengah jadi dan bahan jadi tergantung usaha BUMDes tersebut. Hal tersebut agar bisa memberikan informasi aset yang berupa bahan mentah berapa, bahan setengah jadi berapa dan bahan yang sudah jadi yang siap dijual berapa. Ini berkaitan dengan system Just In Time dan Zero Stock dalam berbisnis.

Just In Time adalah ketepatan waktu dalam melayani konsumen dalam produksi masal atau pabrikasi, sehingga perlu diketahui posisi bahan baku berapa, bahan setengah jadi berapa dan produk siap jual berapa. Dengan mengetahui informasi ini, maka akan memudahkan memenuhi kebutuhan konsumen secara tepat waktu ( just in time ). Sedangkan zero stock adalah efisiensi stok yang harus dibuat sesuai dengan kebutuhan konsumen, diusahakan stok nol atau zero stock agar tidak terlalu banyak bahan dan produk yang distok atau di gudang dan tidak berputar. Sehingga memberatkan keuangan usaha. Untuk itu just in time dan zero stoct membutuhkan informasi keuangan atau posisi keuangan bahan baku, bahan setengah jadi atau proses dan bahan jadi.

Dalam memberikan pelatihan sistem informasi akuntansi, kami telah menyiapkan aplikasi akuntansi bumdes untuk perdagangan dan manufaktur berbasis ERP ( Enterprise Resource Planning ), sehingga memberikan informasi lengkap tentang posisi keuangan atau aset dalam BUMDes.

Berikut contoh 40 laporan keungan berbasis ERP ( Enterprise Resource Planning ) BUMDes yang bisa dipelajari oleh pembaca untuk mendukung BUMDes yang bergerak atau bidang usahanya bergerak di bidang Manufaktur ( pabrikasi / perdagangan ). Daftar contoh di bawah ini bisa di download oleh Pembaca:




1 Daftar Jurnal

2 Transaksi BUMDes Sedulang

3 Rincian Pengeluaran BUMDes Sedulang

4 Neraca Saldo BUMDes Sedulang

5 Laporan Laba Rugi BUMDes Sedulang

6 Neraca Saldo N BUMDes Sedulang

7 Rekam Semua Kegiatan

8 Saldo Pelanggan

9 Analisis Piutang Pelanggan

10 Customer Trial Balance

11 Daftar Detail Pelanggan

12 Daftar Harga Produk

13 Daftar Status Order

14 Daftar Penjual dan Provisi

15 Contoh Cetak Tagihan

16 Contoh Nota Pengiriman

17 Contoh Order Penjualan

18 Contoh Penawaran Penjualan

19 Contoh Penerimaan Barang

20 Contoh Saldo Pemasok

21 Contoh Analisis Hutang Pemasok

22 Trial Balance Pemasok

23 Laporan Pembayaran

24 Laporan Barang Belum Diterima

25 Daftar Pemasok

26 Contoh Order Pembelian

27 Contoh Remiten

28 Laporan Valuasi Stok

29 Laporan Perencanaan Stok

30 Lembar Cek Stok

31 Laporan Penjualan Stok

33 Laporan Valuasi Penerimaan

34 Laporan Pembelian Barang

35 Laporan Perpindahan Inventaris

36 Laporan Biaya Perpindahan Barang

37 Laporan Ringkas Penjualan Barang

38 Laporan Transaksi Belanja

39 Laporan Bank Statement

40 Laporan Rekonsilitasi Bank




40 ( empat puluh ) laporan cetak tersebut merupakan contoh dari kebutuhan laporan dan cetak formulir dalam BUMDes yang menjalankan usaha di bidang dagang dan manufaktur berbasis ERP ( Enterprise Resource Planning ). Yang terdiri dari laporan keuangan, laporan pelanggan, laporan supplyer atau pemasok, laporan inventory atau stok, laporan manufaktur dan perbankan.

Untuk informasi belajar Sistem Informasi Akuntansi berbasis ERP ( Enterprise Resource Planning ) silahkan menghubungi buka link selanjutnya..




Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan