Manajemen UMKM

3 Syarat Penting Memulai Usaha Bagi Pemula.

Banyak orang memulai usaha, tetapi tidak memperhatikan syarat penting memulai usaha bagi pemula, sehingga dalam perjalanannya mengalami kegagalan dan mengalami kerugian. Oleh sebab itu biizaa asia akan menyampaikan tips syarat memulai usaha bagi pemula sehingga bisa digunakan acuan dalam memulai usaha.

Apa syarat memulai usaha bagi pemula?




Ada 3 syarat memulai usaha bagi pemula, yaitu:

  1. Low Cost atau biaya rendah.
  2. Marketable atau produk laku di masyarakat.
  3. Profitable memiliki margin keuntungan yang tinggi.

Selanjutnya kita bahas satu persatu tentang tiga syarat tersebut.

Low Cost atau biaya rendah adalah merencanakan usaha dengan biaya rendah dahulu, hal ini untuk mengurangi resiko kerugian yang besar, karena usaha pemula belum memiliki jaringan pasar untuk menjual, belum memiliki pengalaman dalam menjalankan usahannya, dan masih banyak hal yang harus dipelajari dan dijadikan pengalaman. Maka dengan biaya rendah akan mengurangi resiko kerugian yang tinggi.

Marketable atau laku, usahakan dalam membuat usaha baru memiliki produk yang pasti laku, atau masyarakat sudah biasa mengkonsumsi atau membeli dan memanfaatkan. Bukan merupakan produk dimana masyarakat baru tahu, atau belum bisa menggunakan yang membutuhkan waktu untuk mengedukasi pembeli. Biasanya inovasi baru menggiurkan para pengusaha pemula, tetapi suatu produk dengan inovasi baru membutuhkan waktu yang lama untuk mengedukasi pembeli. Sebagai contoh adalah makanan dari negara lain, seperti korea. Maka produk tersebut belum tentu laku di masyarakat, karena belum terbiasa mengkonsumsi atau membeli, mungkin orang orang tertentu saja yang pernah ke korea yang menjadi market.




Profitable, atau produk yang memiliki margin keuntungan yang tinggi. Karena usaha baru biasanya belum memahami variable variable apa saja yang belum dibiayai, banyak yang belum terpikirkan biaya biaya yang harus dibiayai, misalnya biaya promosi dan pemasaran. Dengan memiliki margin keuntungan yang tinggi maka dalam memulai usaha masih memiliki space atau ruang laba untuk membiayai hal hal yang belum terpikir sebelumnya. Maka denan membuat suatu usaha yang produknya profitable tinggi akan mengantisipasi biaya biaya yang muncul di kemudian hari yang belum terpikirkan sebelumnya.

Apa contoh usaha dengan syarat seperti itu?

Manajemen UMKM
Manajemen UMKM

Contoh usaha dengan syarat low cost, marketable dan profitable adalah usaha jamu gendong. Dengan produk sebagai berikut:

  1. Beras Kencur.
  2. Kunyit Asem.
  3. Sinom
  4. Cabe Puyang.
  5. Gepyokan.
  6. Macan Kerah.




Yang pada dasarnya untuk memproduksi produk tersebut tidaklah membutuhkan biaya yang besar, tidak membutuhkan biaya modal baik untuk produk maupun operasional yang besar dan menggunakan peralatan di rumah saja sudah cukup. Sehingga untuk memulai usaha ini sangatlah low cost atau berbiaya rendah.

Selanjutnya usaha tersebut marketable, karena rata rata masyarakat khususnya orang jawa menyukai minuman jamu baik beras kencur, kunyit asam dan lain lain. Dengan demikian ketika kita membuka usaha jamu gendong konsumen sudah ada dan sudah teredukasi dalam mengkonsumsi atau membeli produk jamu gendong.

Yang terakhir adalah profitble, pengalaman penulis dalam usaha jamu gendong, margin keuntungan lebih dari 50%, sehingga keuntungan tersebut apabila digunaka untuk membiayai hal hal yang belum dipikirkan dan dianggarakan sebelumnya masih mampu untuk membiayai.

Di atas merupakan syarat dalam membuka usaha baru bagi pemula, sekaligus memulai belajar untuk menjadi pengusaha dengan cara aman, berjalan dan tetap meraih keuntungan. ( Supriadi Asia ).




Summary
3 Syarat Memulai Usaha Bagi Pemula
Article Name
3 Syarat Memulai Usaha Bagi Pemula
Description
3 Syarat Memulai Usaha Bagi Pemula Agar Berjalan dan Bertumbuh Kembang.
Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan komentar

BIIZAA ASIA